A
aditrianurmita
Combination, Medium Light, Warm
udah hampir seminggu pake essence ini untuk pertama kalinya karena dapet dari giveaway FD hehehesebelumnya nggak pernah nyobain essence macem ini kecuali punyanya S****t K** yang rose, tapi aku ngga suka wanginya dan ngga begitu ampuh buatku, jadi aku ngga begitu banyak ekspektasi pas pake wardah ini. Ternyata setelah aku pake 1 hari, kulit kerasa lebih halus, ga tau itu cuma halusinasi apa gimana hahaha. ya udah aku terusin, ga taunya hari ketiga malah ada jerawat 7 biji udah mateng banget di bagian dagu :(tapi besoknya langsung kering, dan aku tempelin pake essence ini, ternyata makin cepet keringnya jadi ngga keliatan bakal ada bakat untuk ngebekas jerawatnya.hari ini kebetulan mau pergi, biasanya aku pake primer ga ada yang mempan, tetep aja keliatan pori porinya. tapi hari ini makeupku lebih keliatan flawless gitu dibandingan sebelumnya setelah pemakaian kurang lebih 6 hari. Emang sih di bagian dagu agak kering, mungkin harus nunggu beberapa hari lagi?tapi overall aku suka banget sama hasilnyaaa... aku ngerasa lebih halus sih kulitku, terus ada 1 spot pori pori yang agak besar di wajahku sekarang jadi agak kecil. biasanya juga di mukaku banyak bekas jerawat macem flek hitam gitu tapi sekarang udah mulai memudar sih. great job wardah!! meskipun teksturnya aku kurang suka sih untuk ukuran essence aku pikir harusnya lebih kental? untuk wanginya kayaknya layaknya wangi brand FTE lainnya sih.. gak begitu mengganggu menurutku. kulitku kombinasi tapi lebih ke oily gitu, aku pake ini pagi dan malam setelah cuci muka dan pakenya ditap gitu pake tangan, selama 6 hari karena ga ada kegiatan aku cuma pake fw + essence ini doang ga ada yang lain kecuali masker buat exfoliating.
Usage: Less than 1 week
S
sunshinesmile
Normal, Light, Warm
Udah beberapa bulan pake tapi ga ada perubahan signifikan. Kulit ga memburuk sih tapi ga jadi lebih baik juga. Ga lebih cerah. Ga lebih lembab. Biasa aja. Pake atau ga pake sama aja. Jadi dari pada buang uang 100rb buat ini, mending cari produk yg lebih mahal tapi beneran kasih efek maksimal ke kulit. Mana aromanya ga enak banget. Kayak bumbu dapur, bawang-bawang gitu.
Usage: Less than 1 week
F
fanisafea
Dry Skin, Medium Light, Warm
dapet dari FD juga yeay!!udah pake selama 5harian lah dr pertama dateng..pas liat ingre nya ada niacinamide i knew i'm gonna like it..karena kulitku kebetulan suka niacinamide.semua yg ada niacinamidenya beneran bantu bikin cerah+mudarin bekas jerawat diaku.dan setelah dipake pagi malem 5 hari,kulit emang beneran cerahan,kalo noda hitam ya harus long term ya ga bisa instan.tapi overall complexion jadi segeran banget in obvious way.. ga bikin breakout dll.tapiiiiii...essence ini ga ada lembab2nya diaku malah sedikit kerasa drying.. kulit aku memang tipe kering dan aku rasa ingredients di wardah pte ini ga ada yg support buat hydrating.sebenernya dia enak bgt buat dilayer sama skincare lain karena ga lengket sama sekali diaku.beneran cepet nyerep bgt.cuma yaitu..after effectnya pas pagi2 kulit g berasa kenyel-hydrated kayak kalo pake essence lain.kalo dipake siang sih enak karena (cmiw) niacinamide kan bantu sebum controlling gtu,dan kalo pake essence ini ga berasa kusem sampe sore.kulit kering kan bisa kusem juga dari keringet+sunblock. yang sedikit ganggu sih baunya ya..apek apa gmna gtu deh.semacam bau ragi bubuk padahal kayaknya g ada fermentation extract di list ingre nya.cukup nempel ditangan sih baunya tapi udahnya pake bodylotion juga kelar sih.menurut aku sih ini kayaknya lbh cocok di orang yang kulitnya berminyak kalo dari feelnya dengan pemakaian 3-4 drops( karena aku layer sama essence lain) sebotol ini bakalan awet banget karena udah 5hari aja isinya kaya g berkurang2.terus enaknya lagi (i keep wondering the science of the packaging haha),mulut botolnya ga langsung ngeluarin produk secara langsung..cuma netes aja gitu jadi harus dishake baru keluar essencenya dikit dikit(dikucrutin kalo kalian ngerti haha),jadi ga khawatir kebanyakanessence ini sih masih tetep aku pake sampe habis kayaknya,karena kayak tadi aku bilang,my skin looove niacinamide,i just need to compensate with hydration afterward..lagian dia ga bikin breakout dan ada hasil yang nyata walaupun pemakaian aku baru 5hari.good job anyway buat wardah!
Usage: Less than 1 week
S
sugarvenom
Dry Skin, Medium Light, Warm
Gonna drop my review about this Wardah PTE Konsistensinya liquid yg cair kayak air. Ada baunya, dan baunya itu ngingetin sama suatu produk yg pernah aku pake, sempet nginget2 apaan ya, soalnya bisa persisss bgt baunya, ternyata baunya sama persis kaya 3D Gel merk sebelah (hint: Ha** La**, kalo yg pernah pake, essence ini baunya plek plekk kaya gitu). Aku pakenya pagi hari, krn malem pake skincare kandungan aktif lain yg tabrakan sama niacinamide. Applynya abis pake hydrating toner, ditepuk ke wajah. Nyerepnya gampang, di aku ga kerasa lengket (mungkin krn sebelumnya pake hydrating toner kali ya, idk), dan ada rasa tingling sensation gitu tapi ga heboh. Essence ini di aku ga begitu hydrating. Efek mencerahkannya juga belom keliatan, dengan yg aku liat dari kondisi muka aku sebelum dan sesudah pake PTE ini selama hampir seminggu, masih sama aja kondisinya. Di aku tapi essence ini aman2 aja, ga bikin BO. Masih 50:50 sih sebenernya sama PTE ini, belum bisa bilang suka atau enggak, mungkin efeknya bakal keliatan in longterm usage ya, bakal update review lagi nanti
Usage: Less than 1 week
E
Esteviaa
Combination, Medium Light, Neutral
udah penasaran banget sama pte dari wardah dari mulai launch dan banyak iklan dimed sos, akhirnya aku cobain udah sekitar 6/7hari aku pakai rutin. untuk tekstur pte ini emang watery banget which i like,gak ada wangi2 parfum yang nyengat dihidung dan gak worry bakal alergi juga pastinya. karena teksturnya watery jadi cepet banget meresapnya diwajah. dikulit sensitif&acne prone aku ini gak buat efek negatif sama sekali,yang aku rasain kulit emang jadi lebih lembut berasa kalau lagi cumuk atau apply skincare pake tangan. untuk cerah emang blm berasa karena emang aku baru pakai sebentar but i trust pasti bakal ngefek kalau udah dipakai lebih lama❤️ definan repurchase!!
Usage: Less than 1 week
E
Edwina_Hidayah
Oily Skin, Medium Light, Neutral
Ini essence pertama yang saya miliki dan coba. Terima kasih atas kesempatan review-nya, FD. Suka sekali dengan packaging-nya yang plastik, nggak khawatir pecah padahal sekilas mirip dengan kemasan botol kaca. Essence-nya bikin wajah lembut dan lembab, belum bikin breakout. Semoga cocok dengan wajah saya yang oily dan acne prone.
Usage: Less than 1 week
R
rairara
Oily Skin, Medium Dark, Warm
Yeay! Akhirnya Wardah ngeluarin Pure Treatment Essence. Excited banget waktu tahu ada Pure Treatment Essence dari Wardah. Saya langsung berburu di counter Wardah terdekat. Kemasannya memang mini dibandingkan Essence Korea, tapi lebih banyak daripada Essence Jepang yang harganya 5x lebih mahal. Volumenya 100 ml, jadinya praktis mau dibawa jalan2 gak perlu pindahin ke botol spray yang lebih kecil. Harganya pas di kantong. So far enak dipakainya, cepat menyerap, dipakai malam dan pagi. Bikin kulit lebih lembab dan kenyal, make up juga nempelnya bagus. Kalau efek memutihkan, saya rasa belum terlihat karena ini masih baru banget makenya. Akan repurchase karena penasaran dengan efeknya dan harganya gak bikin kantong jebol.
Usage: Less than 1 week
S
shinhw4_girl
Dry Skin, Light, Warm
Merk lokal punya essence ala2 FTE? Ya, kayaknya wardah yg pertama aku tau punya barang semacam ini (dan yg udah pasti jaminan aman ga ala2 kyk merk ga jelas lah). Jadi si PTE ini aku pake selama hampir seminggu, aku mix ama produk lain pastinya, karena skincare ku ga cuma hanya ngandelin ini kan ? First impression, kemasan nya bagus! Sayang bukan beling! Tapi gak apa-apa, klo kemasan kyk gini misal di bawa pergi kan lebih ringan di bawanya! Ihiy! Lalu, dari scent, dia hampir ga berbau, which i like it! Teksturnya hampir seperti air (?) encer banget deh pokoknya. Tapi begitu sampe ke muka dia mudah menyerap banget sekaligus bisa memberikan kelembapan untuk kulit (tapi tetap harus di timpa pelembab lagi ya). Efek signifikan? Ya belum ada lah pastinya, wong baru pake seminggu, ini kan bukan produk abal-abal yg langsung ada hasil dalam 3 hari pemakaian xD tapiiiii aku berasa muka jadi agak cerah sih, dalam artian ga kusam ya semenjak pake ini. And saya yakin klo saya pakai secara rutin (bersama dengan rangkaian WS lain) hasil kulit cerah bersinar pasti bisa lah di raih (?) Good job wardah! Teruslah berinovasi menciptakan produk2 yang baru! Saya dukung kalian!!
Usage: Less than 1 week
M
mymeminei
Oily, Medium Light, Neutral
Super suka sama essence ini. Awal coba dari giveaway Femaledaily. Kebetulan essence yang biasa aku pakai lagi habis jadi aku substitute dengan essence ini. This is the first time i try Wardah skincare and surprisingly it works well! Awalnya saya kira botolnya kaca, tapi ternyata dari plastik. Meskipun agak kecewa karena bukan dari kaca tapi sebenarnya botol plastik ini bikin produk ini gampang dibawa kemana-mana. Untuk fragrance aku gak bener-bener merasa ada fragrance nya (entah apa karena hidung aku kurang sensitif) tapi kalaupun ada gak menganggu dan cepat hilang. Super cepat meresap dan gak ada rasa greasy nya jadi cocok untuk kulit berminyak seperti kulitku. Waktu pertama kali pakai ada sedikit rasa tingling saat melapis dengan moisturizer. Mungkin respon adaptasi kulit saja soalnya hari ke2 atau ke3 langsung hilang. Setelah kurang lebih seminggu pakai ini kulit terasa lebih halus dan lembut. Super gak nyangka essence ini sangat cocok di kulit aku dan harganya lebih murah dari perkiraan saya. So I will definitely repurchase this.
Usage: Less than 1 week
F
farhanindya
Oily Skin, Medium Dark, Warm
Been using this product for a week. Dari pengalaman pribadi aku, essencenya ngga berbau apa-apa atau mungkin sedikit (atau hidungku yg ga peka, yang pasti ngga merasa ada bau mengganggu). Suka packagingnya, ngga berat dan clean enough. Pas dipakai produk ini langsung cepat menyerap, rasanya adem dan aku ngerasa kulit jadi 'mengencang' tapi ngga kering, di mana beberapa orang mungkin kurang suka tapi bagiku fine-fine aja. Setelah seminggu aku ngerasa kulit jadi ngga begitu kusam dan agak lebih cerah. tau dari mana? karna foundation yang biasa aku pakai jadi slightly lebih gelap padahal aku tiap hari naik motor, dan ketika bangun tidur pun ngga begitu kusam, dan yang paling penting ngga memicu jerawat atau komedo (di kulit aku, kondisi kulit tiap orang bisa berbeda). tapi yang aku notice, kulit (mati) disekitar hidungku kayak mengelupas di hari ketiga, begitupun kulit di bekas jerawat. so far, masih fine-fine aja. Masih mau aku cek untuk pemakaian sebulan. :)
Usage: Less than 1 week